APA ITU COACHING ?

APA ITU COACHING ?

Coaching pada awal mulanya merupakan istilah yang digunakan di dunia olahraga. berasal dari kata coach yang makna katanya adalah kereta. Kereta sebagai alat transportasi  digunakan untuk memindahkan barang atau seseorang dari suatu tempat ke tempat lainnya. Prinsip coachingpun demikian. Merupakan sebuah pendekatan yang digunakan untuk membantu seseorang berpindah dari Kondisi Sekarang (KS) menuju ke Kondisi yang Diinginkannya (KD)

Dalam diri setiap orang terdapat potensi. Sayangnya tidak semua orang menyadari potensi yang ada dalam dirinya. Sebagaimana tidak semua orang tahu bahwa mereka tahu, hingga kemudian ada orang lain yang membantunya dengan mengajukan pertanyaan dan membuatnya terpancing untuk menemukan jawaban dari dalam diri sendiri. Orang yang bertanya inilah yang disebut sebagai coach. Ia membantu melihat blind spot, titik buta yang tidak bisa kita lihat padahal masih ada dalam jangkauan pandangan kita.

Orang yang dibantu oleh seorang coach disebut coachee. Dalam proses coaching, hubungan antara coach dan coachee adalah kemitraan. Dalam proses sebuah coaching, seorang coach posisinya tidak lebih tinggi dibandingkan dengan coachee, demikian pula coachee tidaklah lebih tinggi posisinya dari coach. Antara coach dan coachee derajatnya setara, sehingga yang terjadi selama coaching adalah percakapan antara mitra. Coach berbicara dengan coachee untuk membantunya dalam mengatasi masalah yang dihadapinya atau menemukan cara dalam mencapai tujuan.

Tugas seorang coach adalah secara kreatif  memprovokasi pikiran coachee menggunakan pertanyaan-pertanyaan. pertanyaan yang mampu menghadirkan kesadaran dalam diri coachee untuk menggali jawaban dari dalam dirinya. Dalam melakukan coaching, coach tidak diperbolehkan mengajar, mengarahkan, maupun memberi tahu coachee solusi dari permasalahan yang dihadapinya. Ibaratnya, seorang coach tidak memberikan ikan pada coachee namun memberikan coachee kail agar dapat menemukan ikannya sendiri.

Sebelum melakukan coaching, antara coach dan coachee terlebih dahulu membuat kesepakatan tentang apa yang menjadi goal dari sesi coaching ini. tentu saja sang coacheelah yang kemudian menentukan apa goal tersebut. Dari goal yang telah ditentukan, coach membantu coachee menggali potensi dalam dirinya atau mengembangkan performanya dalam mencapai tujuan.

Jadi coaching merupakan proses kreatif dalam memprovokasi pikiran sehingga terinspirasi memberdayakan potensi yang ada serta mengembangkan performa terbaik dalam mencapai tujuan. Dalam memberikan coaching, seorang coach merancang dan memberikan pertanyaan kreatif pada coachee sehingga coachee dapat menggali jawaban dari dalam dirinya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan. Required fields are marked *