Keyakinan Orang Tua Hebat

Keyakinan Orang Tua Hebat

Setiap orang pasti kenal dengan Thomas ALva Edison dan Albert Einstein. Dua tokoh dunia yang senantiasa kisahnya diceritakan di bangku-bangku sekolah karena kecerdasannya. Tapi tahukah kita bahwa kisah kehebatan kedua tokoh justru bukan lahir dari sekolah, namun dari dukungan penuh orang tua, khususnya ibu.

Thomas Alva Edison saat belajar di sekolah termasuk anak yang bodoh dan gagal. Tidak mampu mengikuti pelajaran yang diajarkan oleh guru. senantiasa mendapatkan nilai buruk dan mengecewakan saat ujian. Hingga akhirnya sekolah angkat tangan dan menyerahkan kembali Thomas Alva Edison ke orang tuanya.Dengan penuh cinta, Ibunya kemudian memutuskan untuk mengajar sendiri  Thomas di rumah

Albert Einstein saat sekolah dikenal oleh para gurunya sebagai siswa yang suka membangkang, sulit diatur, suka membolos untuk melakukan aktivitas yang disukainya. Karena sikapnya itu, Einstein kecil tidak lulus SMP. Meski hanya berbekal surat keterangan pernah sekolah SMP, Orang tua Einstein tetap berusaha memasukannya ke SMA. Dua kali ditolak masuk SMA, Einstein mencoba untuk masuk politeknik.

Anak-anak yang hebat dibesarkan oleh orang tua yang memiliki keyakinan hebat pada anaknya. Keyakinan hebat ini menjadikan orang tua mampu mendorong anak untuk mengeluarkan potensi terbaik dalam dirinya dan berprestasi.

Berikut beberapa keyakinan yang dimiliki Orang Tua Hebat pada anaknya :

  1. Setiap anak memiliki potensi untuk sukses.
  2. Setiap anak memiliki struktur dan potensi otak yang sama
  3. Jika ada yang bisa dilakukan oleh anak lain, anak kitapun bisa melakukannya. Ini hanya masalah strategi
  4. Tidak ada anak yang malas, yang ada adalah anak yang kurang termotivasi
  5. Ketika telah berkomitmen untuk melakukan sesuatu, maka selalu ada jalan untuk mewujudkannya.
  6. Dalam kehidupan, Tidak ada gagal yang ada adalah belajar
  7. Untuk mengubah perilaku anak,  orangtualah yang harus berubah terlebih dahulu
  8. Dibalik setiap perilaku anak terdapat niat positif. Temukan niatannya, ubah perilakunya.
  9. Setiap anak membuat keputusan terbaik diantara keterbatasan pengetahuan,wawasan dan pilihan yang dimilikinya. Kita perlu memberikan mereka pilihan dari sikap yang bisa dia ambil.

Keyakinan adalah kekuatan yang dapat membangkitkan setiap potensi terbaik dalam diri seseorang. Keyakinan sifatnya menular. Saat Orang tua yakin dengan kemampuan anaknya. Hal ini akan menjadikan anak semakin yakin dengan kemampuan dirinya.

Semoga Bermanfaat

Coach Ronal

Tinggalkan Balasan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan. Required fields are marked *